Selasa, 16 Agustus 2016

Uniknya Gunung Jempol


Bukit Serelo atau yg lebih dikenal dgn Gunung Jempol (ada jg yang memberi nama Bukit Telunjuk) adalah sebuah landmark yg terletak di desa Perangai, kabupaten Lahat, provinsi Sumatera Selatan. Bisa dibilang bukit ini adalah simbol dari kota Lahat. Seperti namanya lainnya yaitu Gunung Jempol, Bukit Serelo ini memiliki bentuk yg mirip seperti sebuah anu eh maksud saya jempol dari tangan manusia yg menunjuk kearah atas. Disekitar bukit yg merupakan salah satu bagian dari bukit barisan ini dikelilingi oleh sungai lematang yg jernih sehingga membuat pemandangan disekitar bukit semakin mempesona.Bagian bawah bukit inipun kerap dijadikan tempat berkemah ataupun untuk rekreasi.

Jika anda bepergian dari Muara Enim, menjelang 20 km memasuki kota Lahat, bukit itu terlihat jelas di sebelah kiri. Untuk menikmati panorama yg indah dari atas bukit ini bukanlah merupakan suatu perkara yg mudah,hal ini dikarenakan selain jarak pendakiannya yg cukup jauh,licin serta terjal dimana sudut pendakiannya bisa mencapai hingga 75’. Selain itu Bukit Serelo merupakan bukit bebatuan yg hanya ditumbuhi oleh semak2 mirip seperti ilalang.
.
Di sekitar lereng bukit ini terdapat sumber mata air jernih. Selain itu jg terdapat sebuah pemandangan yg indah berupa koleksi bebatuan grfitti yg halus yg terletak dibagian bawah tebing puncak tak jauh dari Simpang Kedaton yg merupakan persimpangan penting diatas bukit ini. Sebagai catatan butuh ekstra kehati-hatian jika ingin camping diatas bukit ini, karena angin yg menerpa bukit ini cukup kuat sehingga mampu menerbangkan tenda, belum lagi disertai hawa yg cukup dingin.
.
Di daerah ini jg terdapat Sekolah Gajah Perangai yg berlokasi di kaki Bukit Serelo. Sekolah ini merupakan tempat dilatihnya gajah2 agar menjadi jinak sehingga dpt digunakan utk mempermudah pekerjaan2 terutama yg membutuhkan tenaga yg cukup besar,seperti mengangkut benda2 yg sulit diangkat manusia sendirian.


Source : infopalembang.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar